Belum Terjamah, Lubuok Sati Suguhkan Pesona Alam Nan Asri

0
376
Air terjun Lubuok Sati, Desa Bukit Melintang, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau.

KAMPAR -(auranews.id)- Selain memiliki objek wisata Lubuok Nginiu, Kecamatan Kuok ternyata juga memiliki sejumlah potensi wisata alam lain yang patut untuk dikunjungi.

Daerah tropis yang dikelilingi oleh berbagai bukit ini, menyimpan ragam pesona sejumlah air terjun, salah satunya air terjun Lubuok Sati.

Air terjun ini terletak di Desa Bukit Melintang, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau. Objek wisata ini masih alami dan masih belum banyak dijamah oleh para wisatawan.

Keindahan air terjun Lubuok Sati, Kuok.

Untuk mencapai lokasi, obyek wisata ini tak membutuhkan waktu tempuh yang lama, namun harus melalui medan yang berat jika terjadi hujan, dikarenakan akses jalan masih beralaskan tanah.

Lokasinya, hanya berjarak sekitar 20 menit dari kota Bangkinang. Air terjun Lubuok Sati yang terletak di Desa Bukit Melintang, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, ini cukup gampang di jangkau dengan menggunakan sepeda motor, dan juga bisa memakai sepeda bagi anda yang hobi Gowes.

Sedangkan bagi anda yang menggunakan mobil, untuk sampai ke tempat tujuan diharuskan berjalan kaki, berjarak kurang lebih sekitar 300 meter dari tempat parkir.

Hijaunya air terjun Lubuok Sati, memperindah tampilannya.

Setibanya dilokasi air terjun ini, para pengunjung akan dibuat takjub akan keindahan air terjun dan indahnya suasana alam yang masih alami. Membuat  pengunjung takkan sabar untuk menceburkan diri ke sungai. Apalagi air terjun belum terjamah polusi dan tangan-tangan jahil para penebang liar.

Hijaunya pemandangan, serta bersihnya air sungai membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di lokasi ini. Air terjun dengan ketinggian hanya sekitar 2 meter ini memiliki debit air yang cukup deras, sehingga membentuk lubuk hijau dengan kedalaman air lebih kurang 3 meter, cocok dinikmati untuk berenang bagi orang dewasa dan ada juga yang dangkal untuk anak-anak.

Debit air yang jatuh dari bukit, dikelilingi banyaknya pohon rindang disekitar lokasi, membuat kondisi udara menjadi sejuk dan lembab. Hal ini tentunya dapat mengembalikan kesegaran tubuh, serta menghilangkan penat dan juga stres usai bekerja di kantor.

Wisatawan menikmati pesona alam air terjun Lubuok Sati, Kuok.

“Lokasi wisata ini masih belum dikomersilkan, dan masih belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Sehingga menjadi salah satu surga tersembunyi di kawasan Kampar, sebagai tempat wisata alami,” kata Andri Hidayat, salah seorang wisatawan yang bekerja di Bank Riau Kepri itu, Selasa (20/11/2018).

Ditambahkan Andri, kekurangan Lubuok Sati saat ini adalah akses jalan yang masih belum diaspal, karena letak lokasi air terjun Lubuok Sati berada disekitar kebun karet masyarakat.

“Kalau air terjun Lubuok Sati dikelola dengan baik oleh masyarakat dan dapat dukungan penuh dari Pemerintah Kampar, saya yakin, Lubuok Sati bisa menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Kampar, pokoknya the best lah,” pungkasnya.

Tim Gowes Kampar menikmati panorama alam air terjun Lubuok Sati, Kuok, Kampar, Riau.

Lebih jelas, Andri mengatakan jika Lubuok Sati telah dikelola dengan baik dan profesional, nantinya bisa menaikkan taraf ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.

“Kita berharap, ada perhatian lebih dari Pemkab Kampar untuk memperkenalkan objek-objek wisata ke masyarakat banyak, untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kampar. Dengan begitu, nantinya masyarakat sekitar objek wisata akan merasakan dampaknya secara langsung untuk meningkatkan ekonominya, selain dari penghasilan kebun,” tutur pria lajang, yang katanya tampan itu.

Nah, bagi Anda yang tengah berkunjung ke Kampar, tak ada salahnya untuk mencoba berwisata ke air terjun Lubuok Sati ini, dijamin takkan kecewa. Mo La (ayo) ke Kampar.

Penulis: Fauzi Lalea Saputra