Dengan Sigap Anggota Kodim 0313/KPR Bantu Padamkan Kebakaran Rumah Warga

0

ROKAN HULU (auranews.id)- Satu unit rumah mengalami kebakaran. Rumah tersebut milik Sukirman warga RT 2 RW 2 Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darusalam, Kabupaten Rokan Hulu, Minggu siang (18/11/2018) Pukul 13.00 WIB.

Api diduga berasal dari sebuah kasur, yang terbakar disebuah ruangan kamar tidur menyebar dengan cepat membakar rumah beserta isinya.

Komandan Kodim (Dandim) 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin, S.IP, M.I.Pol yang mendapatkan Laporan tersebut segera memerintahkan Komandan Koramil (Danramil) 10/Kunto Darussalam Kapten Inf Sulaiman Beserta anggotanya untuk segera bergegas menuju lokasi.

Kemudian, Danramil beserta anggota segera memberikan bantuan memadamkan api secara manual sebelum mobil pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api tersebut.

Kepada auranews.id , Dandim menjelaskan, bahwa informasi kebakaran diperoleh dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang memang stanby di desa binaannya. Sehingga, jika ada kejadian sekecil apapun dengan metode temu cepat, lapor cepat, maka informasi akan langsung diterima dan bisa segera diatasi, secepat mungkin.

Kemudian Dandim memerintahkan Danramil 10/Kunto Darussalam segera mengerahkan anggota yang ada untuk segera merapat ke lokasi kebakaran dan membantu memadamkan api.

Namun, karena api membesar dengan sangat cepat, barang-barang isi rumah tidak bisa diselamatkan, tidak ada kerugian jiwa pada kejadian ini, namun diperkirakan korban mengalami kerugian sekitar 350 juta.

“Usai memadamkan api, anggota bersama masyarakat langsung membantu pembersihan di lokasi kebakaran,” kata Danramil 10/KDS.

Sementara itu, Dandim setelah menerima laporan lanjutan dari Danramil 10/KDS, memberikan apresiasi dan terima kasih atas kesigapan anggotanya dalam membantu masyarakat binaannya yang ada di desa.

“Saya sudah memberikan instruksi untuk terus membaur dan menyatu ke masyarakat, dengan menigintensifkan Komunikasi Sosial (Komsos) yang sudah terjalin, sehingga sistem temu cepat lapor cepat yang kita gunakan bisa berjalan maksimal,” ucap Dandim Aidil.

“Diharapkan, setiap perkembangan situasi dan permasalahan yang di desa cepat diketahui. Dan alhamdulillah, ini memang sudah berjalan,” sambung Dandim Aidil.

Lebih lanjut, Dandim berharap, agar Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) harus mampu melakukan deteksi dini dan cegah dini setiap permasalahan yang ada di masyarakat. Sehingga, semua masalah bisa diselesaikan secara baik dan benar, sesuai ketentuan yang ada.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here