Bawaslu lnhu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019

0

RENGAT(auranews.id)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu tahun 2019, Kamis (15/11/2018).

Acara yang digelar di Wisma Five Boys ini dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari para guru SLTA, Pengurus Parpol serta para perwakilan wartawan liputan lnhu.

Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar memahami aturan yang telah diberlakukan sesuai dengan undang-undang.

Hal ini disampaikan oleh April selaku Ketua Pelaksana kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 dalam lapiran.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, menegakan lntegritas, kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggara dan akuntabilitas hasil pemilu,” paparnya.

Sedangkan dasar Pelaksanaan adalah UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan Bawaslu No.7 tahun 2017 tentang tata kerja dan pola hubungan Bawaslu, Bawaslu  Provinsi dan Panwaslu  Kabupaten/Kota.

“Selanjutnya Panwas Kecamatan, pengawas pemilihan lapangan, panwas pemilu luar negeri dan pengawas tempat pemungutan suara,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikanya bahwa kegiatan ini juga berdasarkan Peraturan Bawaslu No.21 tahun 2018 tentang Pengawas Penyelenggara Pemilu.

“Sedangkan peserta dalam sosialisasi ini berjumlah 50 orang yang meliputi Parpol, Media Cetak, Ormas, Kepala Sekolah dan Mahasiswa,” jelasnya.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah pimpinan Bawaslu Riau, Kapolres lnhu, dan Pimpinan Bawaslu Kabupaten lnhu, pungkasnya. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here