KPU Kampar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bagi Guru TK dan PAUD

0

BANGKINANG KOTA(auranews.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar terus melakukan sosialisasi pendidikan pemilih kepada masyarakat. Kali ini sasaran sosialisasi adalah guru-guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), se-Kecamatan Kampar Utara. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di TK Kasih Ibu Dusun Padang Tarap Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara, Rabu (07/11/2018).

Kegiatan soaisliasi ini adalah bagian dari
usaha Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum (pemilu) tahun 2019. Acara sosialisasi ini mengusung tema pendidikan pemilih bagi pemilih pemilu 2019.

Hadir dalam acara tersebut Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Kampar Ahmad Dahlan, SE, M.E.Sy selaku narasumber, PPK Kampar Utara Evi Muniarti, PPS Sungai Jalau Mudalis, SH dan staf Sekretariat KPU Kampar, serta guru-guru dari TK dan PAUD yang ada di Kecamatan Kampar Utara.

Dalam sambutannya Komisioner KPU Kabupaten Kampar Ahmad Dahlan menilai bahwa guru guru TK ini sangat strategis dalam upaya mensukseskan pemilu dimana guru-guru (ibu-ibu) mudah menerima informasi dan meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat lain. “Jadi setelah mendapat edukasi dari Komisioner KPU Kabupaten Kampar, ibu-ibu semuanya juga harus secara sukarela menginformasikannya ke lingkungan sekitarnya,” ujar Dahlan.

Dengan begitu kata Dahlan, sosialisasi dan edukasi tentang kepemiluan ini dapat berjalan dengan masif. “Kita harus bersama-sama mensukseskan pemilu ini, karena kesuksesan pemilu ini juga menjadi tanggungjawab kita bersama selaku warga negara Indonesia,” ujar Dahlan.

Selanjutnya tambah Dahlan, untuk mengecek apakah guru-guru TK dan PAUD ini sudah terdaftar di DPT, guru TK dan PAUD dapat mengakses DPT (Daftar Pemilu Tetap) melalui portal www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan aplikasi Mobile KPU RI PEMILU 2019 atau bisa minta tolong kepada teman, saudara, tetangga untuk melihatkan namanya pada print out DPT yang di tempel pada papan pengumuman kantor kelurahan/desa. “Dengan demikian kita bisa mengetahui nama kita terdaftar di TPS berapa, untuk menggunakan hak suara pada tanggal 17 April 2019,” ujar Dahlan.

Acara sosialisasi kepada guru TK ini adalah satu dari sekian banyak sosialisasi yang dilakukan KPU Kampar untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Sebelumnya KPU juga telah melakukan sosialisasi kepada organisasi perempuan, mahasiswa, pelajar, pemilih disabilitas dan pemilih berbasis keluarga. “Kita akan terus melakukan sosialisasi pendidikan pemilih, dengan harapan pengetahuan masyarakat terhadap pemilu dan partisipasi masyarakat dalam pemilu meningkat,” ujar Ahmad Dahlan.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here