Demi Cerdaskan Anak Kampar, IGTKI-PGRI Kampar Gelar Roadshow Mendongeng di Setiap Kecamatan

0
Kegiatan Roadshow IGTK-IPGRI Kampar mendapat dukungan dan apresiasi.

BANGKINANG KOTA (auranews.id) – Dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia-Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kampar menggelar acara Roadshow mendongeng di Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 8-11 Oktober 2018 dengan melibatkan murid-murid Taman Kanak-kanak (TK) di bawah naungan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI).

Kepada Auranews, Ketua IGTKI-PGRI Kampar, Lusiana Paluzi mengatakan, Roadshow mendongeng merupakan suatu program IGTKI-PGRI Kampar yang bertujuan untuk mencerdaskan anak-anak generasi penerus masa depan bangsa.

Lusiana menyampaikan kegiatan Roadshow mendongeng ini mendatangkan narasumber dari Jakarta, yakni Kak Sidik yang telah berpengalaman dan melalang buana dalam dunia pendidikan anak-anak.

Kak Sidik saat memberikan dongengan kepada anak-anak di Roadshow IGTK-IPGRI Kampar.

“Kegiatan Roadshow mendongeng ini merupakan salah satu cara terbaik untuk meluangkan waktu bagi anak-anak. Melalui dongeng, khususnya anak usia dini mendongeng dapat menambah wawasan dan keinginan tahuan anak untuk belajar,” ungkap Lusi, di Bangkinang Kota, Jumat (11/10/2018).

Lebih lanjut, Lusi menjelaskan kegiatan mendongeng sudah banyak ditinggalkan oleh para orang tua, sebab dongeng dianggap kegiatan yang merepotkan bagi orang tua dan kegiatan yang membuat mereka semakin sibuk usai bekerja seharian.

“Secara ilmu psikologis mendongeng memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. Membantu perkembangan anak, menambahkan kecerdasan, dan mengontrol emosi anak serta beberapa manfaat lainnya,” bebernya.

Beberapa manfaat tersebut antara lain,
1. Dongeng dapat mengembangkan imajinasi anak.
2. Dongeng dapat meningkatkan tata bahasa anak.
3. Dongeng dapat meningkatkan minat baca anak.
4. Dongeng dapat membantu mengembangkan kecerdasan anak.
5. Membentuk karakter anak, sehingga berempati terhadap lingkungan disekitarnya.

Anak-anak yang mengikuti roadshow mendongeng IGTKI-PGRI Kampar sangat diapresiasi oleh Pemkab Kampar.

Dengan manfaat yang banyak, maka dari itulah yang menggerakkan IGTKI-PGRI Kampar untuk melaksanakan program Roadshow mendongeng bagi anak-anak di Kabupaten Kampar.

“Alhamdulillah, saat ini kita telah berhasil melaksanakan kegiatan Roadshow mendongeng di 4 Kecamatan di Kabupaten Kampar, yakni Kecamatan Koto Kampar Hulu, XIII Koto Kampar, Kampar Kiri Tengah dan Bangkinang Kota,” tukas Lusi.

Lebih lanjut Lusi mengatakan kegiatan Roadshow mendongeng di kecamatan lainnya akan menyusul dilaksanakan.

“Untuk sementara kegiatan Roadshow baru terlaksana di 4 Kecamatan, untuk periode kedua nanti akan kita atur kembali jadwalnya. Terimakasih untuk Pak Camat Koto Kampar Hulu, XIII Koto Kampar, dan Kampar Kiri Tengah serta Dinas Dikpora Kampar yang sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan IGTKI-PGRI Kampar ini,” pungkas Lusi.

Foto bersama IGTKI-PGRI Kampar bersama pejabat setempat.

Diperkirakan, lebih kurang 1500 anak Kampar dari 4 Kecamatan telah mengikuti acara Roadshow mendongeng IGTKI-PGRI tersebut.

Kegiatan mendongeng yang punya manfaat meningkatkan minat baca anak seperti ini menurutnya, perlu terus dikembangkan.

Mengingat rendahnya minat dan budaya baca masyarakat saat ini, yang berdasarkan hasil kajian Perpustakaan Nasional Indonesia terhadap rata-rata tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia, menunjukkan bahwa bangsa Indonesia masih berada pada kategori rendah dengan nilai 36,48 %.

Sementara masyarakat provinsi Riau yg sampelnya diambil dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, berada pada urutan sangat rendah, yakni 24,9 %.

“Diharapkan kegiatan Roadshow mendongeng ini bisa membantu orang tua. Dimana seorang ibu atau ayah dapat membacakan cerita kepada anak setiap hari minimal 20 menit sebelum tidur. Program ini kita harapkan menjadi virus yg mewabah di semua keluarga di Kabupaten Kampar.” katanya.

“Semoga dengan adanya Roadshow dongeng ini, bisa membuat guru dan anak-anak mendapatkan penyegaran. Apalagi, IGTKI-PGRI Kampar terjun langsung berkunjung ke setiap kecamatan di Kampar. Kami tidak ingin kegiatan selalu terpusat di ibukota Kabupaten, tapi kami IGTKI-PGRI Kamparlah yang mengunjungi setiap Kecamatan,” imbuh Lusi.

(Fauzi Lalea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here