Puluhan Hektare Lahan di Desa Tanjung Sari Juga Terbakar

0
132

RENGAT(AuraNews) – Selain di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, kebakaran lahan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) juga terjadi di Desa Tanjung Sari Kecamatan Kuala Cinaku.

Kebakaran lahan di Desa Tanjung Sari ini sudah terjadi sejak bulan september pekan kemarin.

Berdasarkan informasi yang didapat, kebakaran lahan tersebut terjadi pada Titik Koordinat S. -0.24’48” E. 102.43’3″ Dusun Manunggal SK 17 Desa Tanjung dan Desa Pulau Jum’at, Kecamatan Kuala Cenaku.

Kapolsek Kuala Cenaku, AKP R. Warsito kepada wartawan Selasa (2/10/2018) membenarkan adanya kebakaran lahan yang  terjadi di Desa Tanjung Sari dan Desa Pulau Jum’at tersebut.

“Lahan yang terbakar ini diduga milik masyarakat dengan luas sekitar 80 Ha, dengan tipe kebakaran permukaan dan bawah, jenis Vegetasi Ilalang kering dan semak belukar dengan Jenis Tanah Gambut yang memiliki kedalaman sekitar 7 meter,” terangnya.

Dipaparkannya bahwa pada Sabtu (29/9/2018) sekira pukul 09.00 Wib, Kapolres Inhu AKBP Dasmin Gintung, S.IK bersama Personil Polres Inhu serta Kapolsek Kuala Cenaku AKP R. Warsito bersama Tim Satgas Darat melaksanakan upaya Pemadaman api yg sudah berlangsung selama 4 hari Di SK 17 Dusun Manunggal Desa Tanjung Sari dan Api sudah memasuki Areal Desa Pulau Jum’at.

“Areal lahan yang terbakar dilakukan upaya isolasi supaya api tidak menyebar luas dan areal yang sudah terbakar dilakukan pendinginan oleh Tim Satgas Darat Kecamatan Kuala Cenaku serta dibantu oleh Personil Polres Inhu,” sambungnya.

Akibat cuaca cerah dengan tiupan angin sehingga api sudah api memasuki areal Desa Pulau Jum’at Kecamatan Kuala Cenaku sehingga diperkirakan luas lahan yang terbakar sekitar 80 Ha dan Upaya pemadaman terus berlangsung oleh Satgas Darat serta dibantu oleh Satgas Udara Water Boombing (WB)

“Berdasarkan informasi dari MPA dan warga Desa Tanjung Sari api berasal dari Desa Sungai Rabit Kecamatan Kempas Kabupaten lndragiri Hilir (Inhil),” terangnya lagi. (Man)