Desa Mukti Sari Diutus Menghadapi Lomba STBM Tingkat Provinsi

0
591

BANGKINANG KOTA (AuraNews) – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kampar mengadakan kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Kegiatan yang ditaja oleh seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Olahraga Diskes ini dilaksanakan di Desa Mukti Sari, Kecamatan Tapung, Selasa (25/9/2018).

“Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar tengah mempersiapkan Desa Mukti Sari untuk ikut dalam lomba Desa STBM se Provinsi Riau,” kata Kadis Kesehatan Kampar, Nurbit melalui Kepala Seksi Kesling dan Kesehatan Olahraga, Eko Wahyudi, SKM.

Eko mengatakan, melalui kegiatan STBM ini banyak penyakit yang dapat dihindari yaitu mulai dari Diare, DBD, Malaria, Ispa, Cacingan, Keracunan Makanan, Flu Burung dan Flu Babi.

Dibeberkan Eko, nantinya adapun penilaian lomba Desa STBM tingkat Provinsi Riau ini menyangkut 5 (lima) pilar yaitu, stop buang air besar sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, pengolahan Air Minum Rumah Tangga (PAM-RT), pengolahan Sampah Rumah Tangga dan pengolahan Limah Rumah TAngga (SPAL-RT).

“Semoga Desa Mukti Sari menjadi pemenang di tingkat Provinsi Riau dan membanggakan Kampar serta semua desa di Kabupaten Kampar menjadi desa STBM agar derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kampar meningkat,” pungkas Eko. (NDs/FDr)