Dosen UIR Raih Best Paper dan Presenter Award di London

0

PEKANBARU(auranews.id) – Prestasi gemilang kembali diraih oleh dosen Universitas Islam Riau (UIR), Dr.
Evizal Abdul Kadir, ST, M.Eng dari Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik UIR yang berhasil meraih Best Paper and Presenter Award dalam ajang International Conference on Intelligent Science and Technology (ICIST) yang dilaksanakan pada 30 Juni hingga 2 Juli 2018 di London, United Kingdom.

Pada conference yang dihadiri peserta dari berbagai negara seperti Inggris, Rusia, India, Iraq, Chiba dan lain-lain, Dr. Evizal mempresentasikan paper, bertajuk ”Intelligent system in container terminal for speed up handling process using RFID technology”. Menurut Evizal, paper itu merupakan hasil penelitiannya, yang kemudian ia presentasikan dalam forum conferensi.

Evizal menyatakan, selama ini Intelligent System berjalan secara manual akan tetapi dalam perkembangannya dapat digantikan menggunakan sensor atau
RFID (Radio Frequency IDentification) tag.

”Semua data disimpan di tag tersebut sehingga proses bisa lebih cepat, dan semua data akan terbaca langsung oleh RFID reader,” ujar Evizal.

Ke depan, lanjut Evizal, teknologi ini banyak digunakan, baik untuk sistem perkotaan seperti Smart Parking, Smart House, Smart Tranportation dan lain-lain. Juga sedang diusulkan rencana Smart City untuk Kota Pekanbaru. Ia berharap, hasil penelitian ini perlu dipublikasikan atau diseminarkan kepada masyarakat umum sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Rektor Universitas Islam Riau, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.H mengapresiasi
prestasi gemilang Dr. Evizal yang sukses membentangkan ide dan gagasannya di Forum Internasional. Ia berharap, hal serupa dapat diikuti dosen-dosen UIR lainnya.

Syafrinaldi mengatakan, kemunculan dosen-dosen UIR di Forum International sangat penting bagi Universitas Islam Riau, dan ini sesuai dengan Visi UIR 2020 untuk menjadi Universitas Islam yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara tahun 2020. Selain itu, untuk meningkatkan rangking UIR baik Nasional maupun International.

”Mari kita berpacu meningkatkan prestasi dalam berbagai prestasi akademik. Insha Allah bersama kita bisa,” tegas Syafrinaldi.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here